Friday 21 October 2022

Cara Menyelesaikan Soal Mean Data Berkelompok


Mean atau disebut juga rata-rata hitung. Data dalam perhitungan mean ada tiga jenis, yaitu data tunggal (tak berbobot), data tunggal berbobot (berfrekuensi), dan data berkelompok. Mean merupakan sub materi Ukuran pemusatan data pada bab atau materi statistika. Pada kesempatan kali ini, akan saya jelaskan penyelesaian contoh soal mean data berkelompok. 


Penyelesaian :

Menggunakan cara yang paling mudah diterapkan, dengan menentukan titik tengahnya xi terlebih dahulu.

Menggunakan Rumus berikut ini:

Dibuat tabel bantu di sebelah kanan kolom Frekuensi (f) dibuat kolom f dan kolom xi . Sebelumnya di cari titik tengah  xi dari masing-masing kelas dengan cara : 

Cara 1

Dari kelas ke-1, nilai 52 – 58, bisa diurutkan 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58. Berarti nilai tengahnya 55. Jika nilai yang terkecil atau yang sebelah kiri 52 nilai tengahnya 55 (dapat diartikan dijumlah 3), berarti kelas ke-2 dan seterusnya nilai terkecil atau sebelah kiri tinggal ditambah 3. Dicari untuk kelas ke-2 dan seterusnya.

Atau menggunakan :

Cara 2  

Nilai yang tertulis (52 - 58) ditambahkan dan dibagi 2.

Jadi nilai tengah untuk kelas ke-1 adalah 55.

Untuk kelas ke-2, ke-3, ke-4 dan seterusnya bisa dicari dengan cara yang sama seperti di atas, dipilih cara yang mudah.   Untuk kolom ( fxi ) . tinggal dikalikan saja frekuensi dengan nilai tengahnya di masing-masing kelas. Sehingga diperoleh tabel seperti di bawah ini :


Dari tabel di atas dapat diperoleh nilai rata-rata atau mean sebagai berikut :

Jadi, nilai rata-rata hitungnya atau meannya adalah 76

Selamat belajar dan tetaplah bersemangat. 

Untuk video cara menyelesaikan soal mean silakan klik di bawah ini : 



Silahkan berkomentar yang baik dan sopan
EmoticonEmoticon